Openstax, Penyedia Buku Pelajaran Gratis



Apakah kawan Bita adalah seorang siswa yang sedang mencari buku pelajaran yang gratis namun berkualitas tinggi? Bita kenalkan nih dengan organisasi bernama Openstax. Openstax adalah organisasi pendidikan nonprofit yang memberikan layanan buku pelajaran yang bisa diunduh gratis dalam format digital. Buku-buku dari Openstax ditulis dan ditinjau oleh para pakar pendidik di bidang masing-masing untuk memastikan kualitas isi buku tersebut. Jadi buku dari Openstax bisa banget digunakan untuk buku pendamping bahkan buku pembelajaran.

Openstax mempunyai misi untuk memberikan bahan pembelajaran gratis untuk semua siswa di dunia. Openstax berharap, dengan memberikan buku pelajaran secara gratis, maka para siswa yang tidak mampu membeli buku fisik tetap bisa belajar menggunakan buku dari Openstax. Proyek mulia ini di inisiasi oleh Rice University dan didukung dana dari berbagai lembaga donor, salah satunya Bill and Melinda Gates Foundation yang dimiliki oleh pendiri Microsoft, Bill Gates.

Openstax menyediakan banyak buku untuk beberapa mata pelajaran seperti: matematika, ilmu pendidikan alam (science), ilmu sosial (social science), Sastra (humanities), bisnis dan juga menyediakan buku untuk high school loh atau sepantaraan smp/sma.

contoh koleksi buku Openstax
 



 

Meskipun mungkin buku-buku yang ada di Openstax tidak dipakai atau berbeda dengan kurikulum pendidikan di Indonesia, namun tidak ada salahnya jika menggunakan buku ini sebagai buku pelengkap pelajaran. Tentu saja buku ini ditulis menggunakan bahasa Inggris, sehingga butuh kemampua bahasa inggris yang baik untuk bisa memahami buku-buku dari Openstax.

Selain untuk siswa, Openstax juga bisa digunakan oleh para pengajar loh. Openstax bahkan mempersilahkan para pengajar untuk meninjau buku mereka dan digunakan dalam pelajaran. Openstax juga bisa memberikan materi khusus pengajar jika para pengajar membuka akun di Openstax.

Oh iya, buku di Openstax bisa diunduh atau dibaca siapaun tanpa ada pengecualian. Mau siswa, guru atau orang awam sekaligus bisa membaca buku-buku Openstax tanpa batasan. Nah, kalau kawan Bita ingin mengunduh atau membaca buku-buku dari Openstax, silakan kunjungi website Openstax. Openstax juga terseda di platform Android dan iOS. Selamat belajar.


Komentar