Kembalikan File Terhapus Dengan Kickass Undelete




kehilangan file adalah hal yang menyedihkan untuk semua orang. Ada banyak hal yang menyebabkan file hilang, salah satunya adalah tidak sengaja terhapus atau mungkin terhapus oleh virus atau hal lain.

Nah, Bita mau mencoba sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan file terhapus (file recovery) yang bernama Kickass Undelete. Aplikasi ini tersedia gratis loh. Kickass Undelete bisa digunakan untuk menyelamatkan file yang hilang pada hard disk, flash disk atau SD card.

Percobaan

Bita mencoba untuk melakukan percobaan dengan Kickass Undelete. Bita membuat 3 file berbeda tipe, 1 file doc, 1 file jpg dan 1 file mp4. ketiga file tersebut disimpan di sebuah flashdisk, lalu dihapus dengan cara menekan tombol SHIFT + DEL. 



Langkah awal adalah mengunduh Kickass Undelete. Kickass Undelete tidak perlu di install. Cukup di ekstrak saja. Jika aplikasi sudah selesai terunduh, jalankan aplikasi. Aplikasi akan meminta ijin untuk akses sebagai admin supaya bisa melakukan scan pada hard disk.

Pilih drive tempat file yang terhapus, lalu klik Scan. Tunggu hingga proses selesai. Lamanya proses tergantung kapasitas media penyimpanan.


Jika proses selesai, maka Kickass Undelete akan menampilkan file yang bisa diselamatkan. Adapun file yang bisa diselamatkan ditandai dengan adanya info "Good (no data loss detected) pada kolom "Chance of Recovery".


Pilih file yang ingin diselamatkan dengan mengklik kotak ceklist di samping nama file, lalu klik tombol "Restor File". Akan muncul jendela "brows for folder, pilih folder untuk menampung file, lalu klik OK. Satu hal yang harus diperhatikan adalah pilih folder pada drive yang berbeda dari drive yang discan.

pada percobaan Bita, 3 file yang dihapus berhasil di deteksi dan diselamatkan oleh Kickass Undelete. File yang diselamatkan pun bisa dibuka dan tidak mengalami kerusakan file.

Kesimpulan

Kickass Undelete bisa kamu gunakan sebagai langkah awal penyelamatan file terhapus. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jika terjadi file hilang, jangan gunakan drive penyimpanan dahulu. Hal ini untuk mencegah file yang terhapus tidak tertimpa oleh file baru. Kickass Undelete hanya bisa melakukan penyelamatan data jika media penyimpanan masih bisa terdeteksi oleh Windows. 

Kickass undelete hanya tersedia untuk Windows dan bisa di unduh dari website Kickass Undelete

Komentar