Kali ini Bita ingin mengulas sebuah browser internet bernama Librewolf. Librewolf merupakan browser yang dikembangkan (fork) secara independen dari browser Firefox dan Librewolf memfokuskan pada keamanan browser, privasi dan kebebasan pengguna.

Untuk mencapai tujuan keamanan dan privasi, Pengembang Librewolf menghilangkan fitur bawaan Firefox seperti "Add to Pocket" serta menghilangkan telemetry, cloud sync, membuat tracking protection menjadi "Strict" dan menghapus cookies dan history setiap browser di tutup. Lbrewolf juga menyertakan add-on Ublock Origin sebagai adblockers pada browser. Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengunduh adblocker lagi saat menjalankan Librewolf pertama kali.

Keunggulan

Bita mencoba menggunakan Librewolf pada Laptop Asus X200MA (Intel Celeron N2840, RAM 2GB) yang termasuk komputer spek rendah. Berdasarkan hasil tes, Librewolf bisa digunakan dengan lancar pada komputer spek rendah. Librewolf bisa dipacu membuka 15 website dan masih menyisahkan memori kosong (hanya menggunakan 1,2GB memori). Cukup rendah dibanding dengan Firefox.

Pengujian selanjutnya adalah mencoba untuk menjalankan video di youtube dan dailymotion dan video berjalan dengan cukup mulus. Video HD dan Full HD bisa dijalankan dengan baik.

Kekurangan

Tidak adanya fitur cloud sync mungkin bisa merepotkan untuk beberapa orang karena hilangnya fitur seperti bookmark dan password sync membuat browser ini kurang cocok buat pengguna yang mengandalkan fitur bookmark dan password lintas platform.

Hal lain yang mungkin cukup menggangu adalah dihapusnya Cookies setiap browser ditutup, sehingga pengguna harus login tiap membuka web tertentu yang membutuhkan login. Namun settingan ini bisa diubah pada menu pengaturan.

Librwwolf secara default menonaktifkan DRM sehingga untuk beberapa situs yang membutuhkan DRM seperti Spotify tidak bisa berjalan dengan baik. Untungnya Librewolf menyediakan fitur untuk mengaktifkan DRM.

Kesimpulan

Librwolf bisa digunakan untuk kamu yang mementingkan privasi diri dan keamaan dalam berselancar di internet. Librewolf juga bisa digunakan untuk kamu yang mempunyai komputer spek rendah seperti Bita yang menggunakan Librewolf di salah satu laptop spek rendah. Librewolf tersedia untuk Windows dan Linux. Silakan kunjungi website Librewolf untuk mengunduh aplikasi.

Komentar