Ecosia, Mesin Pencari yang Gemar Tanam Pohon



Apakah pernah terpikir di benak kawan Bita bahwa kita bisa berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan hidup dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan di kala mager atau lagi sibu mengerjakan skripsi?

Perkenalkan Ecosia. Sebuah mesin pencari atau search engine yang mempunyai misi untuk menaman pohon di seluruh dunia. Ecosia sendiri sudah menanam pohon jutaan lebih pohon di 30 negara, termasuk Indonesia.

Bagaimana cara Ecosia melakukan hal tersebut? Ecosia bisa melakukan program penanaman pohon berkat iklan yang di klik oleh pengguna Ecosia. Setiap iklan yang dklik akan menghasilkan sedemikian uang yang kemudian digunakan untuk mendanai program penanaman pohon. Menurut Ecosia, rata-rata butuh 45 pencarian untuk bisa menanam 1 pohon. Ecosia sendiri setiap bulan merilis laporan finansial sehingga pengguna bisa melihat dana yang ada digunakan untuk kegiatan apa saja.

Bagaimana dengan kualitas pencariannya? 8Bita mencoba sebuah percobaan yang sangat sederhana. 8Bita melakukan 2 pencarian di Ecosia dan membandingkannya dengan hasil pencarian Google. Percobaan dilakukan dengan Browser Firefox dalam mode Private dan tanpa menggunakan Ad Blocker. Adapun kata kunci pencarian adalah: Bakso dan Lenovo Thinkpad X250. 

Berdasarkan hasil percobaan (lihat hasil pencarian), Ecosia lebih menampilkan informasi yang relevan dibanding Google. Pada kata kunci "Lenovo Thinkpad x250", Ecosia lebih banyak menampilkan informasi tentang produk itu sendiri dibanding Google yang lebih banyak menampilkan hasil dari online martketplace.  Begitu pula dengan kata kunci "bakso" dimana Google malah menampilkan lokasi penjual bakso.

Kamu bisa mengunjungi Ecosia di www.ecosia.org. Kawan Bita juga bisa menggunakan Ecosia tanpa harus mengunjungi website Ecosia, cukup menjadikan Ecosia sebagai default search engine di Browser. Bagaimana? tertarik untuk berperan dalam penanaman pohon?

Komentar