7-zip, Aplikasi Alternatif Pengganti Winrar

 

Jika kamu sering menggunakan Windows pasti sering mendengar nama Winrar, sebuah aplikasi yang berguna untuk membuat / mengekstrak file kompresi seperti zip atau rar. Nah, Winrar itu termasuk software berbasis trialware, yang artinya pengguna harus membeli aplikasi jika ingin menggunakan aplikasi terus-menerus. Ciri khas program trialware adalah muncul peringatan setiap membuka aplikasi dimana tentu hal ini kadang menyebalkan.

Nah, 8Bita mau memperkenalkan ke kamu aplikasi alternatif dari Winrar, yaitu 7-zip. 7-zip adalah aplikasi file archiver berbasis open-source dan tersedia untuk Windows juga. 7-zip bisa digunakan untuk mengesktrak file kompresi berformat zip dan rar. 7-zip sendiri mempunyai format kompresi sendiri, yaitu 7z. File berformat 7z sendiri bisa dibilang lebih bagus dan handal jika dibandingkan file format rar atau zip loh.

Tampilan 7-zip itu terbilang sederhana, namun justru hal ini mempermudah user untuk menggunakan aplikasi tersebut. 7-zip juga terintegrasi dengan Windows shell, jadi kamu cukup klik kanan pada file dan mengekstrak file tanpa perlu membuka aplikasi.

Kemampuan 7-zip yang tidak kalah canggih dari winrar atau winzip adalah: mendukung enkripsi file berbasis AES-256, mempunyai self-extract, bisa split file besar menjadi beberapa file kecil, mendukung multi bahasa dan tentu saja mendukung 70 lebih format file kompresi lainnya seperti ISO, LZMA, CAB, GZIP, BZIP2.

Nah, jika kamu ingin menggunakan 7-zip, kamu bisa mengunduh aplikasinya di www.7-zip.org. 7-zip sendiri tersedia gratis loh.

Komentar